Iklan

Iklan

Pesan Kematian

Redaksi Tutur NTB
Monday, March 9, 2020, 7:30:00 AM WIB Last Updated 2020-03-08T23:30:18Z

PESAN KEMATIAN
Kematian itu selalu mengagetkan. Tubuh serasa disambar petir, terpelanting oleh rasa tak percaya bahwa seseorang yang begitu dekatnya dengan kita, yang masih terasa hadirnya itu, kini benar-benar sudah tiada. Seluruh hubungan dengannya dalam ragam rasa apapun sudah harus disebut usai dan tak berulang seperti sediakala. Tubuh dalam gerak gerik dan aroma percakapan yang khas hanya menyisakan kenangan. Yang tertinggal hanyalah jejak kisahnya dengan seluruh rangkaian kenangan yang membentuk mozaik rindu. Pilu itu sungguh penuh setiap terlintas keberadaannya saat masih ada.

Kematian akan selalu menjadi rahasia abadi yang tak akan pernah tersingkap tentang kapan dan bagaimana kecuali oleh kematian itu sendiri. Pada siapapun yang mengalami kematian, ia memang tak akan pernah sanggup bercerita bagaimana rumusan yang dialaminya. Bahkan dalam keadaan ketika sakaratul maut pun, tubuh hanya jasad yang terbujur saat roh mulai meninggalkan raga dimana ia bersemayam selama ini.

Itu sebabnya kematian mutlak menjadi kepastian takdirNya. Kepastian yang tak bisa dipercepat atau juga diperlambat. Kematian adalah ukuran yang hanya Tuhan sebagai penentu atas kapan dan bagaimana cara kematian itu. Dan pada kematian yang kita saksikan, sesungguhnya pesan yang kita terima itu sama, bagaimana hidup ini berisi kebaikan yang menjadi kesanggupan kita. Agar kisah yang kelak kita tinggalkan adalah kisah-kisah yang dipenuhi oleh cerita tentang kebaikan kita. Meski tak bisa disangkal pesan itu tak mudah untuk melekat di pikiran untuk menjadi tindakan yang nyata, namun ikhtiar kebaikan tak boleh berhenti.

Semoga kita menjadi bagian dari golongan yang sanggup dan disanggupkan Tuhan untuk terus bisa memaknai pesan kematian yang kita saksikan dan kita alami nantinya.

Kopajali-Mapak Indah, Senin 9 Maret 2020
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Pesan Kematian

Terkini

Topik Populer

Iklan